MANU Campus Expo 2021

Tanggal: Jumat / 09 April 2021
manu-campus-expo-2021

      Mengambil tempat di aula perpustakaan MANU, Kamis 8 April 2021 dilaksanakanlah sebuah expo atau pameran rutin setahun sekali bertajuk “MANU EXPO 2021”.

      Kegiatan rutin yang diselenggarakan setahun sekali ini biasanya selalu terselenggara secara meriah di halaman utama MANU, di mana akan berjajar stand-stand yang menyuguhkan berbagai informasi terkait perguruan tinggi. Stand-stand pameran yang mewakili masing-masing perguruan tinggi. Hal yang selalu dilakukan sebelum ada pandemi. Kali ini lantaran masih dalam masa pandemi Covid-19, acara MANU Expo diselenggarakan secara terbatas dan berbasis daring (online) dalam bentuk webinar. Acara ini pun hanya khusus dimaksudkan untuk kelas 12 saja.

      Zuhri Syaiful Anam, selaku ketua panitia acara ini menyampaikan bahwa MANU Expo ini bertujuan membuka wawasan para siswa-siswi MANU untuk memasuki perguruan tinggi, selepas lulus dari MANU kelak. Mengingat peserta acara ini adalah siswa-siswi kelas 12 yang tidak lama lagi akan lulus dari MANU, maka diharapkan dengan adanya acara ini pula mereka termotivasi secara lebih kuat untuk menentukan pillihan terbaik menyangkut masa depan pendidikan mereka.

      MANU Expo yang seluruhnya diinisiasi oleh KAMANUTA (Keluarga Alumni MANU Yogyakarta) berlangsung dari pukul 8.00 hingga 15.00 WIB. Menetapkan target bahwa adik-adik mereka di MANU terarah dalam memilih perguruan tinggi beserta prodi-prodinya sesuai dengan yang diharapkan.

      Sementara itu, Ibu Fatna Susan Sindarus selaku Kepala Madrasah berpesan dalam sambutan singkatnya agar para siswa kelas 12 yang menjadi sasaran utama acara ini betul-betul memanfaatkan kegiatan ini sebagai persiapan yang sangat bagus untuk mematangkan prodi mana yang kelak akan dipilih dan dimasuki, lalu benar-benar serius menekuni bidang itu.

      Menggunakan fasilitas penunjang berupa proyektor dan layar besar di aula utama perpustakaan MANU, sistem online webinar yang digunakan cukup memberikan gambaran yang bisa disimak oleh seluruh peserta. Diikuti oleh perwakilan alumni dan perguruan tinggi terkait dari 11 perguruan tinggi yakni UNU, PKN STAN, UAD, UIN Sunan Kalijaga, UIN Syarif Hidayatullah, UNY, UGM, ALMA ATA, IPB, UNISA, dan Al-Azhar Mesir. Dibagi dalam dua sesi utama yakni sosialisasi dan expo.

     Sesi pertama berupa penyampaian sosialisasi perguruan tinggi dan mekanisme memasuki perguruan tinggi tersebut yang disampaikan oleh para alumni MANU yang belajar di perguruan tinggi tersebut dan juga oleh pihak perguruan tinggi terkait. Terdiri dari Adhan Kholis dari Universitas Nahdhatul Ulama Yogyakarta (UNU), Yuliani Afianti dari PKN STAN, Khana Qotrunnada dari UPN Veteran Yogyakarta, serta Riza Aulia Rahman dari Universitas Al-Azhar Kairo Mesir. Masing-masing memaparkan pengalaman masing-masing selama belajar tiga tahun di MANU lalu bagaimana berproses awal hingga diterima masuk di perguruan tinggi tersebut. Kemuidan mekanisme atau teknis-teknis praktis bagaimana menembus perguruan tinggi idaman masing-masing berikut jalur pendaftaran dan ragam beasiswa yang ada dan bisa diraih.

      Sesi kedua Expo yakni lebih banyak sharing berbagi pengalaman lebih luas dan detil serta ruang untuk bertanya jawab secara lebih jelas.

 

(AS)

 

ma-nurul-ummah

www.manu.sch.id, Disclaimer, Privacy. Developed By JogjaSite

Email: admin@manurulummah.com

Jalan Raden Ronggo KG II/982 Prenggan Kotagede Yogyakarta 55172. Telp. (0274) 377174