Sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede

Tanggal: Senin / 26 April 2021
sosialisasi-penerimaan-peserta-didik-baru-ppdb-madrasah-aliyah-nurul-ummah-kotagede

Kamis pagi, 22 April 2021 dilangsungkan acara sosialiasi alias ramah tamah terkait Penerimaan Siswa Didik Baru MANU (PPDB MANU) di keluarga besar Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Ummah Kotagede. Lokasi gedung madrasah yang berjarak sekitar 700-an meter dari gedung MANU dan hanya selemparan batu dari Komplek E (komplek pelajar) bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja oleh para utusan dari MANU

 

Bertindak sebagai wakil dari pihak MANU adalah bagian Humas (hubungan masyarakat) dan Waka Kesiswaan, dalam hal ini didaulat Bapak Eko Prayogo. Dari pihak MANU juga menghadirkan atau diikuti oleh perwakilan atas nama Kamanuta (keluarga alumni MANU Yogyakarta), dalam hal ini didapuk oleh Zidan dan Vera.

 

Acara sosialisasi yang berlangsung kurang lebih satu jam (9.00 – 10.00 WIB) tersebut mengambil tempat di AULA MTs Nurul Ummah. Diikuti oleh kurang lebih 50 siswa kelas 9 (kelas tiga MTs) dan beberapa dewan guru dan staf MTs NU.

 

Bapak Eko Prayogo selaku Humas MANU menyampaikan pengantar terlebih dahulu sebagai pengenalan MANU terhadap siswa-siswi MTs NU, meliputi sejarah singkat berdirinya MANU hingga kondisi sekarang yang telah mengalami perubahan dan kemajuan cukup signifikan. Selanjutnya disampaikan pula mengenai informasi PPDB MANU dengan sekian informasi detil terutama terkait syarat-syarat teknis dan kontak utama informasi yang tergabung dalam Tim Admisi Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede. Seluruhnya terjalin dalam satu pintu dan dilakukan secara sistem digital (online).

 

Tidak luput dalam penyampaian sosialisasi PPDB tersebut juga digambarkan secara umum bagaimana sistem pendidikan dalam bingkai kurikulum terintegrasi di MANU. Integrasi antara kurikulum nasional dan pondok pesantren Nurul Ummah. “MANU menerapkan sistem kurikulum berbasis pesantren, memadukan kurikulum pemerintah (nasional) dan pondok pesantren dalam hal ini ponpes Nurul Ummah Kotagede. Di mana pembelajaran Kitab Kuning diintegrasikan di dalam KBM MANU sehari-hari. Contoh mapel Quran Hadis, mengacu pada kurikulum pemerintah (nasional) ada KMA dengan topik KD tertentu, maka di MANU divariasikan dengan Kitab Tafsir dan Kitab Hadis”, demikian ungkap Pak Eko.

 

Sementara itu Zidan dan Vera selaku alumnus dari MANU menyampaikan hal-hal terkait pengalaman berharga keduanya selama menjalani proses pendidikan di MANU. Mereka berbagi bagaimana kegiatan belajar yang menyenangkan di MANU meiputi kegiatan ektra kurikuler, latihan berorganisasi melalui IPNU dan IPPNU, juga menjabarkan banyak sekali prestasi yang telah diraih siswa-siswi MANU dalam sekian ajang bergengsi perlombaan. Tidak luput disampaikan juga gambaran para alumni MANU yang tersebar di berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan Luar Negeri seperti di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir.

 

Adapun target dan sasaran dari acara ini adalah siswa-siswi MTs Nurul Ummah kelas 9 agar dapat bergabung menjadi siswa-siswi MANU pada tahun pelajaran yang akan datang; 2021/2022. Sebagai bentuk "menyambung sanad” keilmuan di bawah naungan Yayasan Bina Putra dan Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede.

 

 

(AS)

ma-nurul-ummah

www.manu.sch.id, Disclaimer, Privacy. Developed By JogjaSite

Email: admin@manurulummah.com

Jalan Raden Ronggo KG II/982 Prenggan Kotagede Yogyakarta 55172. Telp. (0274) 377174