Wisuda Purna Siswa MANU Angkatan ke-18

Tanggal: Senin / 03 Mei 2021
wisuda-purna-siswa-manu-angkatan-ke18

Bertepatan dengan hari Jumat siang, 30 April 2021 di bulan Ramadhan 1442 H., dilangsungkan prosesi wisuda purna siswa kelas 12 IPS dan MIPA Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede. Prosesi ini diselenggarakan mulai pukul 13.00 WIB hingga tiba waktu Ashar, di aula gedung MTs Nurul Ummah Kotagede, berjarak kurang lebih 500 meter dari MANU. Disiarkan secara langsung melalui live streaming akun youtube Pondok Pesantren Nurul Ummah (Nurul Ummah TV).

 

Sebanyak 67 siswa-siswi kelas duabelas MANU 23 jurusan IPS dan 44 jurusan MIPA turut diwisuda dengan beberapa anak mengikuti wisuda secara virtual dari rumah masing-masing. Ibu Fatna Susan Sindarus selaku kepala madrasah dalam sambutan singkatnya menyampaikan bahwa dalam kesempatan langka karena masih pandemi begini, semua dilaksanakan dalam segala keterbatasan, namun MANU tetap selalu berusaha memberikan segala hak pendidikan kepada anak didik dengan segala kemampuan, dengan harapan semoga apa yang diberikan oleh MANU mampu membawa keberkahan dan bekal kepada anak-anak dalam menempuh kehidupan di masa yang akan datang. Bu kepala madrasah juga menyampaikan permohonan maaf selama proses tiga tahun pendidikan terdapat kekurangan dan kekhilafan.

 

Pada kesempatan memberikan mauidzoh hasanah Romo Kyai Haji Ahmad Zabidi me-wedar-kan kebahagiaannya bahwa kondisi saat ini semua dalam keadaan sehat wal afiyat tidak kurang suatu apa, bersyukur bahwa prosesi/acara berjalan dengan lancar, khidmat, bahkan mebuat haru dan trenyuh lantaran tidak dihadiri para wali murid kelas duabelas. Romo Kyai berharap ilmu yang telah diberikan oleh bapak ibu guru bisa diresapi oleh anak didik sehingga bisa dijadikan bekal ke depan mencapai cita-cita. Sebagaimana hadis yang dikutip Romo Kyai bahwa Muadz bin Jabal adalah ahli ilmu sehingga kelak pada saat akan memasuki surga, dialah orang yang berdiri paling depan. Ini sebagai pertanda betapa agungnya orang yang menuntut ilmu. Romo Kyai Ahmad juga berpesan mumpung masih muda, anak-anak didik yang sebentar lagi menjadi alumni ini hendaklah melanjutkan menuntut ilmu karena dengan usia-usia muda, ilmu menjadi mudah diserap dengan total, diterima dengan akal yang masih jernih sehingga ilmu bisa masuk ke dalam lubuk hati dengan benar-benar sempurna.

 

Sementara Ibu Siti Muslimah selaku wakil dari wali murid dalam sambutan singkatnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada keluarga besar MANU yang telah memberikan pendidikan kepada segenap siswa hingga tiba saat wisuda purnasiswa. Juga ucapan selamat kepada seluruh wisudawan termasuk bahkan yang sudah diterima di perguruan tinggi. Ibu Siti Muslimah juga menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan dan kekurangan selama tiga tahun berproses menjalani pendidikan.

 

Usai prosesi wisuda dilangsungkan dengan para siswi putri diberi pengalungan samir oleh Bu Nyai Hj. Barokah Nawawi dan siswa putra dikalungkan samir oleh Romo Kyai Haji Ahmad Zabidi, sebagai simbolisasi wisuda, acara selanjutnya adalah prosesi wisuda tahfidz. Sekitar 10-an siswa peserta wisuda tahfidz maju ke atas panggung membacakan tartil Quran secara bersamaan. Setelah itu sebagai simbolisasi wisuda, dikalungkan samir oleh Ibu Tri Wahyuningsih.

 

Acara rangkaian wisuda selesai Ashar, mengambil jeda sejenak untuk istirahat, kemudian dilanjutkan dengan acara selawatan bersama-sama. Jamaah selawat Simtut Dhuror Ponpes Nurul Ummah mengambil alih tampil dalam acara ini. Hingga tiba waktu berbuka puasa bersama.

 

 

(AS)

ma-nurul-ummah

www.manu.sch.id, Disclaimer, Privacy. Developed By JogjaSite

Email: admin@manurulummah.com

Jalan Raden Ronggo KG II/982 Prenggan Kotagede Yogyakarta 55172. Telp. (0274) 377174