Matsama, Makesta, dan OP3NU Tahun Ajaran Baru 2021/2022 di MANU

Tanggal: Senin / 19 Juli 2021
matsama-makesta-dan-op3nu-tahun-ajaran-baru-20212022-di-manu

Bertempat di Aula Ruang Perpustakaan Madrasah Aliyah Nurul Ummah (MANU) Kotagede, dilaksanakan serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan dimulainya kegiatan Tahun Ajaran Baru 2021/2022. Kegiatan ini dikhususkan bagi seluruh siswa baru MANU kelas X (sepuluh), ditambah beberapa siswa kelas XI (sebelas) dan XII (duabelas) yang sebelumnya belum pernah mengikuti program ini.

 

Tiga agenda program ini yaitu; Matsama (Masa Taaruf Siswa Madrasah), Makesta (Masa Kesetiaan Anggota), dan OP3NU (Orientasi Pengenalan Pondok Pesantren Nurul Ummah) berlangsung selama sepekan, tanggal 12-17 Juli 2021.

 

Adapun maksud dari tiga kegiatan rutin yang selalu dilakukan oleh MANU tersebut masing-masing adalah sebagai wadah/ajang orientasi dan pengenalan madrasah, organisasi IPNU-IPPNU, dan Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta.

 

Kronologis kegiatan ini dimulai pada tanggal 12 Juli 2021. Hari pertam. Diawali dengan kegiatan Opening Ceremony dengan sambutan dari Ketua Panitia oleh ananda Ahmad Afifudin Syakuri, siswa kelas XII MIPA 1, dilanjutkan oleh Kepala MA Nurul Ummah. Setelah Opening Ceremony, sesi pertama diisi dengan orientasi madrasah, yakni tentang kemadrasahan yang disampaikan oleh Ibu Fatna Susan Sindarus, M. Sc. selaku Kepala Madrasah. Dilanjutkan dengan sosialisasi AWS Education dari Tim Sagasitas. Kegiatan pada hari pertama ini berjalan cukup lancar dan tiada kendala yang berarti, hari pertama diikuti oleh 12 peserta luring dan 52 peserta daring.

 

Hari kedua, selasa 13 Juli 2021, terdapat 4 sesi materi. Sesi pertama adalah materi kurikulum yang disampaikan oleh Waka Kurikulum, Ibu Tri Wahyuningsih, M.Sc. Dilanjut sesi dua di isi dengan materi tata tertib Madrasah Aliyah Nurul Ummah yang disampaikan oleh Bapak Eko Prayogo M.Pd selaku Waka Kesiswaan. Lanjut sesi ketiga adalah materi sarana dan prasarana dari Bapak Wagiyo M.Pd. selaku Waka Sarpras. Lalu terakhir sesi empat dari Bapak Ahmad Jauhari diisi dengan materi pengenalan guru, madrasah, dan organisasi.

 

Pada hari ketiga, Rabu 14 Juli 2021 berlangsung 3 sesi. Pertama, materi leadership yang disampaikan oleh Bapak Ahmad Nasir. Dilanjut sesi kedua dengan materi  Ke-IPNU-IPPNU an yang disampaikan oleh rekan dan rekanita dari Pengurus Cabang IPNU-IPPNU Kota Yogyakarta. Diakhiri sesi ketiga diisi oleh bapak Ahmad Syarif dengan materi membangun karakter modern.

 

Hari selanjutnya, Kamis 15 Juli 2021 terdapat 2 sesi. Sesi pertama adalah materi sosialisasi tentang bahaya perundungan/bullying. Dilanjut dengan sesi kedua yaitu ajang perkenalan dan keakraban siswa/siswi dengan melakukan google meet.

 

Hari kelima, diisi dengan bimbingan para Wali Kelas sepuluh, baik secara online dengan google meet ataupun secara offline dengan mengisi data diri pribadi. Masing-masing disampaikan oleh Ibu Qurrotun A’yun selaku Wali Kelas X MIPA 2, Bapak Alfian Nur Latif selaku Wali Kelas X MIPA 1, Bapak Bambang Hadiyanto selaku Wali Kelas X IPS 1, dan Bapak Bahrudin selaku Wali Kelas X IPS 2.

 

Hari keenam atau hari terakhir, terdapat 5 sesi. Diawali dengan materi Aswaja, materi kepesantrenan, materi kesiswaan tentang tata tertib, dan selanjutnya sesi keempat diisi dengan sarasehan tentang biografi Romo Kyai Haji Asyhari Marzuqi. Terakhir adalah closing ceremony acara Matsama, Makesta, dan OP3NU.

 

(AS)

ma-nurul-ummah

www.manu.sch.id, Disclaimer, Privacy. Developed By JogjaSite

Email: admin@manurulummah.com

Jalan Raden Ronggo KG II/982 Prenggan Kotagede Yogyakarta 55172. Telp. (0274) 377174